Cara Buka File CorelDraw X7 Di Semua Versi x3 x4 x5 x6 Tanpa Convert

Hari ini saya belajar tutorial yang menurut saya bagus untuk dibagi-bagi pada teman pengguna CorelDraw. Banyak yang mengaku bermasalah saat membuka file CorelDraw atau CDR karen adanya perbedaan versi pada CorelDraw yang digunakan.
File CorelDraw x7 tidak akan langsung bisa dibuka dengan versi lawas seperi CorelDraw 11 12 x3 x4 x5 ataupun x6
Mungkin diartikel blog web desai sudah membahas Bagaimana Cara Membuka File CorelDraw di Versi Lawa ada yang mengunakan sistem convert secara online ada juga yang menyeting Versi CorelDraw waktu menyimpan.  contoh saya desain dengan X7 sedangkan di percetakan menggunakan x3, maka bisa dengan cara merubah versi waktu penyimpanan menjadi Corel x3.
Sekarang ada tutorial baru yang memiliki fungsi sama agar file CDR bisa di Buka di CorelDraw semua Versi tanpa harus melakukan Convert File terlebih dahulu. Anda penasaran ? berikut adalah tutorialnya :

1. buka File desain kamu terserah anda desain pakek CorelDraw Versi berapapun.
Disini saya desain dengan CorelDraw X7 saya pilih yang terbaru karena kemampuannya lebih greget dan biar dibilang kekinian. hehehe


Baca Juga

2. Gambar diatas menunjukkan hasid desain yang saya kerjakan di CorelDraw X7. Agar file Vektor yang saya simpan bisa di buka di CorelDraw 12 x3 x4 x5 x6 maka saya melakukan tahapan berikut. 

 3. Gambar diatas menunjukkan saya melakukan penyimpanan file corelDraw

  1. Saya klik Save (Ctrl+s)
  2. Dibagian Save As Type say pilih format CMX - Corel Presentation Exchange 
  3. Kenudian Klik save


4. Perhatikan langkah dalam garbar berikut ini.
  • saya menuju file dimana saya simpan file hasil desain saya yang tadi, kemudian saya klik Kanan pilih Property
  • Dibaian General saya aktifkan Read Only, kemudian Klik Ok.


5. Langkah penyimpanan sudah selesai sekarang anda sudah bisa membuka hasil desain tersebut di CorelDraw Versi Lawas yang kamu suka.
  • Klik Open (CTRL+O)
  • Kemudian pilih file hasil desain yang berformat CMX tadi.

Dan Tara,, sekarng kamu sudah memiliki format CorelDraw yang bisa dibuka disemua Versi.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan keteman kamu ya, siap tau mereka membutuhkan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »